Disqus for langgart

Marhaban Ya Ramadhan: Salam Kedamaian

SALAM RAMADHAN SALAM KEDAMAIAN

MARHABAN ya ramadhan, bulan penuh keberkahan, bulan yang selalu dinantikan dan didalam bulan ramadhan ada malam seribu bulan yakni malam lailatul qadar. Bulan yang mana pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan para syetan dibelenggu. Tiga hal ini mengisyaratkan bawasanya tentang kedirian kita, bahwa orang yang wajib berpuasa yakni orang-orang yang bertakwa. Dibukanya pintu surga oleh karena dibulan ramadhan banyak amalan yang dapat dilakukan seperti shalat tarawih, tadarus dan beragam kegiatan agama digelar, sedangkan pintu neraka ditutup dan para syetan dibelenggu karena kita mengikatnya dengan puasa dan beragam amalan dibulan ramadhan. Maka dari itu ibadah puasa, ibadah yang mana Allah Swt yang memberikan ganjarannya atau balasannya.

Mari kita tebarkan salam tebarkan kedamaian di bulan ramadhan yang penuh dengan keistimewaan. Kenapa tebarkan salam? Karena kata "salam" memiliki arti "damai" dalam bahasa Arab mempunyai akar kata yang sama dengan "Islam."

Melalui ucapan salam, kita sebenarnya mengharapkan kedamaian untuk diri kita sendiri dan tentunya kedamaian untuk orang lain. Sebab salam yang diucapkan terbalaskan dengan ucapan salam. Ketika kita mengucap "Assalamualaikum Wr.Wb," maka orang lain akan menjawab "Waalaikum salam Wr.Wb." Inilah hubungan timbal balik tentang salam, yakni tentang kedamaian itu sendiri.

Inilah Islam yang sesungguhnya, bahwa Islam itu damai dan mencintai perdamaian. Maka sesungguhnya setiap pemeluk atau penganut ajaran agama Islam seharusnya memiliki rasa cinta terhadap perdamaian dan senantiasa berusaha menciptakan kedamaian. Baik kedamaian di masyarakat maupun kedamaian dimanapun ia menempatkan dirinya.
Surga yang menjadi bagian tujuan orang beriman adalah lambang kedamaian. Surga adalah tempat yang paling damai, maka surga memiliki istilah "Dar as-Salam." Sedangkan ucapan yang berkumandang di surga adalah "salam...salam...salam."

Kumandangkanlah kedamaian di percikan surga ini yakni Indonesia dan tentunya kedamaian untuk seluruh alam raya ini. Indonesia damai...Indonesia damai...damai...damai...damai.

Salam ramadhan salam damai salam untuk semesta raya yang senantiasa mensenandugkan ayat-ayat Allah.

#PesantrenFuturistis #KultumRamadhan2017 #Ramadhan #HikmahRamadhan

Post a Comment

0 Comments