Disqus for langgart

Pondokbanjar Akademi Sulap Pisang Klutuk Menjadi Kopi Rempah

Kopi Buah Pisang Klutuk/Pisang Batu, hitam pekat. (Foto: Pondokbanjar)

MELIHAT realitas kemasyarakatan khususnya di daerah wilayah Pondokbanjar yakni di wilayah Kecamatan Genuk Kota Semarang yang wilayahnya terkenal dengan tanaman pohon pisang. Terlebih lagi yakni pisang klutuk atau pisang batu, sebagaimana diketahui bahwasanya masyarakat memanfaatkan pisang klutuk yang diambil manfaatnya hanyalah daun pisangnya. Tidak heran jika kita jalan-jalan ke pasar yakni pasar Genuk dan pasar Bangetayu banyak berjajar penjual dagangan daun pisang.

Dari sinilah awalnya ide tercetus untuk memanfaatkan pohon pisang klutuk. Memang kita ketahui bahwa buah pisang klutuk tidak bisa dimakan oleh karena banyaknya biji. Di tangan Tim Pondokbanjar Akademi buah pisang disulap menjadi kopi

Karena di dalam kandungan buah pisang klutuk terdapat kandungan seperti vitamin A, B, dan C. Serta mineral kalsium (Ca), phospor (P), dan besi (Fe). Begitupun buah pisang klutuk memiliki beragam manfaat seperti untuk obat diare, menyegarkan tubuh, menghaluskan kulit, sebagai pelumus untuk pencernaan, penawar toksin, penurun panas, anti radang.

Namun yang diperlu diketahui bahwa manfaat dari kopi pisang klutuk yakni sangat cocok untuk penderita diabet, kolesterol, dan menjaga peremajaan kulit.

Kopi rempah pisang batu
Bagaimana proses pembuatan kopi buah pisang klutuk?. Sungguh sangat sederhana sebagaimana pembuatan kopi pada umumnya. Pertama, siapkan buah pisang klutuk lalu dipotong-potong sesuai kebutuhan. Kedua, selanjutnya hasil potongan tersebut dikeringkan. Ketiga, setelah kering kopi buah pisang klutuk disangrai. Keempat, setelah disangrai proses terakhir yakni tumbuk kopi buah pisang klutuk tersebut hingga halus, maka warna akan tampak kecoklatan.
Hasil dari kopi pisang klutuk berwarna kecoklatan

Biar lebih menarik tim Pondokbanjar Akademi tidak sekadar memanfaatkan buah pisang batu menjadi kopi. Namun ada corak lain yakni kopi rempah yakni perpaduan antara beragam rempah-rempah dengan kopi buah pisang tersebut tanpa menghilangkan ciri khas dari buah pisangkhusunya pisang klutuk atau pisang batu tersebut. (Pondokbanjar)

Post a Comment

0 Comments